Share Article


Mobile technology

0

Post by Republic Team Aug 29th, 2016

Mobile technology sekarang ini sangat digemari oleh semua kalangan di Indonesia maupun di dunia, berdasarkan sebuah studi di IDC diperkirakan lebih dari 2 milyar orang dari 3,2 milyar orang di dunia pada tahun ini telah memanfaatkan mobile technology untuk mempermudah kegiatan sehari-harinya. Akses yang cepat, kemudahan, ringan dan murah menjadi faktor utama mengapa aplikasi mobile banyak diminati oleh milyaran orang di dunia. Bisnis start up pun mulai muncul dimana-mana dengan menawarkan berbagai fitur yang mudah dan murah, seperti web desain berbasis aplikasi smartphone, web development dan lain sebagainya.

Tidak bisa dipungkiri hal ini berdampak pada penjualan PC dan laptop yang kini mulai tersingkir oleh smartphone yang mampu menggantikan peran PC dan laptop, baik untuk menyimpan dan mencari data.

Dengan berbagai masalah-masalah tersebut, seorang pengembang website harus mampu menganalisa kebutuhan pasar yang semakin berkembang. Berikut beberapa langkah analisis web desain yang di sesuaikan dengan kebutuhan pasar akan kecepatan akses, mudah, ringan dan murah.

Both Native and Mobile Web Apps Will Surge.

Disini desainer dituntut untuk membuat web desain yang kompatibel dengan tempat menjual aplikasi mobile online seperti APP STORE dan GOOGLE PLAY. Melalui download yang cepat, intalasi ringan di smartphone, tidak terlalu banyak memakan memory smartphone dan menawarkan harga download yang terjangkau.

native

The Increasing Influence of Wearables

Meningkatkan jumlah pemakai dengan memudahkan akses website, tanpa harus berbelit – belit dengan tombol. Hal ini tentu akan memudahkan sebuah website menjadi lebih familiar pada pengguna.

Better UI for Gestures

User Interface yang mudah digerakkan tanpa banyak halangan seperti advertised, animasi flash dan java script yang berat.

Apa syaratnya? Dalam desain ponsel, itu dibagi menjadi dua kelompok, menurut Google:

  • Touch mechanics (apa yang jari anda lakukan pada layar)
  • Touch activities (apa yang mereka capai, sebagai hasilnya)

Sebagai contoh, jika saya tekan ikon mobile mail ibu saya di iPhone, saya sudah menghasilkan mekanik sentuhan, yang pada gilirannya menciptakan aktivitas sentuhan berikutnya, yang membuka inbox saya.

Dengan proyeksi pengguna smartphone di lebih dari 6 miliar secara global pada tahun 2020, sudah saatnya bahwa desainer merancang UIs untuk lebih mengakomodasi berbagai gerakan mobile mekanik sentuh meliputi:

  • Touch (tap)
  • Force Touch
  • Double touch
  • Drag, swipe or fling
  • Long press
  • Long-press drag
  • Double-touch drag
  • Pinch open
  • Pinch closed
  • Two-finger touch
  • Two-finger drag, swipe or fling
  • Two-finger long press
  • Two-finger long-press drag
  • Two-finger double touch
  • Rotate

Multi-app Split Screen Catches on With Android

Split - screen adalah kemudahan yang memungkinkan untuk melakukan dua hal sekaligus pada layar Anda. Melakukan perpindahan aplikasi dengan cepat, mudah menemukan tombol back dan lain sebagainya.

Material Design Captivates the Mobile Design Community

Tidak mengherankan, Google akan menjadi raja dalam mempengaruhi tren desain ponsel  tahun ini. Desain material tidak lagi datar karena menggunakan teknik seperti gradien , bayangan, efek 3D dan lain sebagainya. Akibatnya , pendekatan ini sedikit berbeda dengan desain ponsel pada umumnya karena secara drastis akan meningkatkan (UX) User Experience pada perangkat mobile. Walaupun beberapa desain google yang di adobsi android begitu lambat namun di tahun ini terjadi perubahan dimana ada penambahan dari perusahaan di luar google yang ikut serta dalam membangun desain yang lebih ringan.

Moving Animation

Secara alami orang akan memperhatikan sebuah gerakan pada menu atau icon aplikasi yang dia sorot. Hal ini juga yang dapat menjadi nilai plus dari desain website anda agar digemari dan mampu menarik minat orang untuk menjadi loyal.

Subdued Color Contrast

Dalam perancangan warna kuno, kontras warna diperlukan untuk membedakan isi yang penting dengan isi lainnya. Namun hal itu tidak lagi berlaku, di beberapa situs internasional warna website di buat lebih tenang dan halus.

Flat Design 2.0 Begins to Replace Flat Design

Flat design terdahulu tidak memiliki atau kurang bisa membedakan antara menu yang satu dengan menu lainnya, untuk pengguna yang sudah terbiasa hal ini bukan masalah tetapi untuk pengguna baru tentu ini bisa menghambat kinerja mereka dalam mengoperasikan aplikasi anda. Maka dari itu diperlukan penanda seperti penambahan efek 3D pada desain anda.

Micro-interactions Become More Prevalent

Micro-interaksi difokuskan pada UX dari aplikasi mobile menggunakan SLACK. Mereka memperhalus kinerja di sekitar empat elemen.

  • The Trigger
  • The Rules
  • Feedback
  • Loops and Modes

Slack adalah sebuah aplikasi ponsel yang bagus penuh dengan contoh mikro-interaksi yang berskala besar. Contoh : Saya ketuk "plus" tanda di sebelah Pesan Langsung dan Slack Percakapan baru yang memungkinkan anda berinteraksi terhadap pesan masuk.

Increased Tracking in Typography

Begitu banyak penawaran hari ini dengan mudah dibaca. Salah satu aspek yang paling penting dari pembacaan adalah pelacakan semakin besar pelacakan , semakin mudah kata tersebut dibaca karena pengguna tidak harus menyipitkan mata untuk membaca kata. Dengan Zoom pada ponsel, desainer bisa melihat peningkatan pembaca konten mereka.

Sumber : Ymedia Labs


© 2017. Design by republicvisual.com. Version 2.0